Pages

Subscribe:

Selasa, 10 Oktober 2017

Hipertensi

Hipertensi – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi umum di mana kekuatan aliran dari darah terhadap dinding arteri Anda cukup tinggi. Hipertensi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Penyebab
Faktor risiko hipertensi termasuk obesitas, terlalu banyak minum alkohol, merokok, dan riwayat keluarga. Salah satu aspek yang paling berbahaya dari hipertensi adalah bahwa setiap individu mungkin tidak tahu bahwa memilikinya karena tidak pernah memeriksakan tekanan darahnya. Hampir sepertiga dari orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak tahu itu. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tekanan darah tinggi adalah melalui pemeriksaan tekanan darah yang teratur. Hal ini terutama penting jika kita memiliki saudara atau keturunan tekanan darah tinggi.
Gejala
Jika tekanan darah Anda sangat tinggi, mungkin ada gejala tertentu untuk melihat keluar untuk, termasuk:
  • Sakit kepala parah
  • Kelelahan atau kebingungan
  • Masalah penglihatan (kemungkinan komplikasi ke retina mata)
  • Nyeri dada
  • Sulit bernafas
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Adanya darah dalam urin (kemungkinan komplikasi ke ginjal)
  • Berdebar di dada, leher, atau telinga
Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, segera periksa ke dokter. Tekanan darah yang tidak terkontrol mampu menyebabkan pasien jatuh ke dalam kondisi krisis hipertensi, yaitu hipertensi yang menyebabkan kegagalan organ seperti serangan jantung atau stroke.
Hipertensi yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit serius, termasuk stroke, penyakit jantung, gagal ginjal dan masalah mata.
Penegakan diagnosis dan tes
Tekanan darah tinggi sering disebut “silent disease”karena pasien biasanya tidak tahu bahwa tubuhnya memiliki tekanan darah tinggi; mungkin tidak ada gejala atau tanda-tanda yang tampak, sehingga pemantauan tekanan darah secara rutin sangat penting. Penegakkan diagnosis itu adalah dengan alat sphygnomanometer.
Konsensus nasional telah merekomendasikan bahwa pengukur tekanan darah digital justru lebih akurat daripada alat manual (yang dilakukan oleh tenaga medis terlatih). Kenapa? Alat digital memiliki kemampuan menakar diastole lebih pasti daripada alat manual.
Tekanan darah tinggi sendiri dibagi menjadi 3:
  • Hipertensi grade Iyaitu ketika tekanan darah sistole di atas atau sama dengan 140 mmHg, dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 90 mmHg. Penegakkan hipertensi grade I itu apabila selama 2 kali pemeriksaan berturut-turut dalam rentang waktu seminggu pasien menunjukkan tekanan darah tersebut.
  • Hipertensi grade 2yaitu ketika tekanan darah sistole di atas atau sama dengan 160 mmHg, dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 100 mmHg pada satu kali pemeriksaan.
  • Krisis hipertensiyaitu ketika tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 180 mmHg dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 110 mmHg. Krisis hipertensi sendiri dibagi menjadi 2: hipertensi emergensi (jika terdapat kegagalan organ vital) dan hipertensi urgensi (jika belum terjadi kegagalan organ vital.
Pengobatan & perawatan
Pengobatan tekanan darah tinggi dapat dengan berbagai pendekatan termasuk perubahan pola makan, obat-obatan, dan olahraga.
  • Tekanan darah tinggi dan merokok: Apakah Anda tahu bahwa orang yang merokok lebih mungkin untuk mengalami hipertensi dan penyakit jantung?
  • Hipertensi dan stres: Stres dapat menyebabkan masalah emosional, psikologis, dan bahkan fisik, termasuk penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Manajemen stress penting untuk menghindari tekanan darah tinggi
  • Konsumsi garam: Konsumsi garam diteliti memicu hipertensi karena garam menyebabkan retensi air yang pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah.
Obat
Dokter memiliki ratusan obat tekanan darah tinggi yang berbeda untuk dipilih. Obat-obat ini bekerja dalam berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah.
  • Kalsium Channel BlockerCalcium channel blockersadalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Obat ini bekerja dengan memperlambat gerakan kalsium ke dalam sel jantung dan dinding pembuluh darah, yang membuatnya lebih mudah bagi jantung untuk memompa dan memperlebar pembuluh darah.
  • ACE InhibitorAngiotensin converting enzyme(ACE) inhibitor adalah obat tekanan darah tinggi yang memperlebar pembuluh darah sehingga meningkatkan jumlah darah yang dipompa jantung dan pada akhirnya menurunkan tekanan darah.
  • Angiotensin II Receptor Blockers (ARB): Angiotensin II receptor blocker (ARB) memiliki efek yang sama seperti ACE inhibitor, tetapi bekerja dengan mekanisme yang berbeda.
  • Diuretik: Diuretik umumnya dikenal sebagai “pil air,” membantu tubuh untuk menyingkirkan air dan garam yang tidak dibutuhkan melalui urin. Menyingkirkan kelebihan garam dan cairan membantu menurunkan tekanan darah dan dapat membuat jantung memompa darah lebih ringan.
  • Beta-Blockers: Beta-blocker adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dengan cara memblokir efek dari sistem saraf simpatik pada jantung.
  • Omega-3 suplemen minyak ikan: Dalam 10 tahun terakhir, banyak orang Amerika telah berpaling ke suplemen minyak ikan omega-3. Diet suplemen ikan dan minyak ikan memiliki manfaat bagi orang sehat dan juga orang-orang dengan penyakit jantung (dr. Ursula Penny)


Read more:http://doktersehat.com/hipertensi/#ixzz4v9m0d5tN

0 komentar:

Posting Komentar

periskop

Pengertian Periskop by   M Rizky H   on   November 11, 2012   in   pengetahuan   Periskop adalah alat optik yang berfungsi untuk m...