Pages

Subscribe:

Senin, 28 Agustus 2017

Pengertian dan Grafik GLBB


Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari - Hallo sahabat Blog Mas Danis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fisika,Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari
link : Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca juga


Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tenang Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang meliputi pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan, rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan,  grafik gerak lurus berubah beraturan, contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari hari, contoh glbb dalam kehidupan sehari hari, contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan, contoh soal Gerak Lurus Berubah Beraturan, gerak melingkar berubah beraturan, rumus glbb diperlambat, rumus glbb dipercepat.

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Setelah kamu memahami definisi percepatan, tahukah kamu apakah gerak lurus berubah beraturan itu? Perhatikan Sebuah bola yang dijatuhkan dari suatu ketinggian.

Kamu dapat mengamati bahwa jarak antara dua kedudukan bola yang berdekatan bertambah secara tetap. Hal ini berarti bola yang dijatuhkan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap sekonnya.

Dari contoh tersebut, kamu dapat mendefinisikan gerak lurus berubah beraturan.
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan lurus dan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap sekonnya atau mengalami percepatan yang sama.
Gerak lurus suatu benda yang perubahan kecepatannya selalu bertambah disebut gerak lurus dipercepat.Sedangkan gerak suatu benda yang perubahan kecepatannya selalu berkurang disebut gerak lurus diperlambat.

Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukah kamu contoh aplikasi gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini adalah beberapa contoh gerak lurus berubah beraturan yang sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Mobil yang bergerak dipercepat dengan menekan pedal gas atau mobil yang bergerak diperlambat dengan menekan pedal rem.
  2. Gerak benda yang dijatuhkan. Misalnya, buah mangga yang jatuh dari tangkainya.
  3. Gerak batu yang dilempar ke atas sehingga kecepatan batu berkurang secara bertahap.

Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Tahukah kamu bagaimana bentuk grafik kecepatan terhadap waktu untuk gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan? Perhatikan Gambar di baawah ini!
Grafik kecepatan terhadap waktu untuk: a. gerak lurus beraturan b. gerak lurus berubah beraturan dipercepat c. gerak lurus berubah beraturan diperlambat
Gambar: Grafik kecepatan terhadap waktu untuk: 
a. gerak lurus beraturan 
b. gerak lurus berubah beraturan dipercepat 
c. gerak lurus berubah beraturan diperlambat
Benda yang bergerak lurus beraturan selalu memiliki kecepatan tetap sehingga grafik v–t untuk gerak lurus beraturan adalah mendatar, seperti yang ditunjukkan Gambar (a).

Untuk benda yang bergerak lurus berubah beraturan selalu memiliki percepatan tetap. Jika percepatan searah dengan kecepatan, kecepatan benda akan bertambah secara tetap sehingga bentuk grafik v–t pada gerak lurus berubah beraturan dipercepat miring ke atas, seperti ditunjukkan pada Gambar (b). Semakin miring garisnya, semakin besar percepatan benda tersebut.

Jika percepatan berlawanan arah dengan kecepatan, kecepatan benda akan berkurang secara tetap sehingga bentuk grafik v–t pada gerak lurus berubah beraturan diperlambat miring ke bawah, seperti ditunjukkan pada Gambar (c). Semakin miring garisnya, semakin besar perlambatan benda tersebut.



Demikianlah Artikel Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari

Sekianlah artikel Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari dengan alamat link http://chordgitar251.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-dan-grafik-gerak-lurus.html

0 komentar:

Posting Komentar

periskop

Pengertian Periskop by   M Rizky H   on   November 11, 2012   in   pengetahuan   Periskop adalah alat optik yang berfungsi untuk m...