Pages

Subscribe:

Jumat, 28 Juli 2017

Pengertian Hasil Olahan Padi - Padian dan resep pengolahannya

A.Serealia 
adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat/pati.
Beberapa jenis Serealia: 
Image result for padi

1. Padi/beras 








Padi yang mendekati masa panen

Lahan padi di California, Amerika

Mesin penanam padi di Jepang

Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM.

Contoh hasil olahan beras: - Nagasari 
- Kue mangkok
- Bubur


http://jeremylanvin.blogspot.co.id/2015/04/beragam-jenis-makanan-dan-hasil-olahan.htm


Cara Membuat Kue Nagasari Isi Pisang Manis

Cara Membuat Kue Nagasari Isi Pisang Manis – Kue nagasari adalah salah satu jenis kue tradisional khas dari pulau jawa. Kue yang satu ini termasuk dalam golongan kategori kue basah. Kue nagasari memiliki rasa yang enak dan manis yang pas dari pisangnya juga memiliki tekstur yang halus dan lembut. Kue inibiasanya banyak disajikan  pada acara-acara tertentu karena kue nagasari merupaka kue yang paling banyak dibuat, terutama dipulau jawa. Selain kuenya yang mudah untuk kita buat sendiri, bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah untuk kita dapatkan karena banyak terdapat dipasaran atau ditoko-toko terdekat. Untuk proses membuat kue ini memang dibutuhkan waktu yang sedikit lama, namun kue ini akan memiliki rasa yang enak dan manis. Bagi anda yang ingin membuatnya, silahkan ikuti resep dari kami dibawah ini.
Cara Membuat Kue Nagasari Isi Pisang Manis
Advertisement
Bahan :
  • 200 gr tepung beras
  • 500 ml santan kelapa
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 3 lembar daun pandan ( dicuci bersih )
  • pisang kepok secukupnya ( potong-potong )
  • daun pisang untuk membungkus secukupnya
Cara Membuat Kue Nagasari :
  1. Campurkan santan kelapa, garam, vanili bubuk, gula pasir dan daun pandan
  2. Rebus diatas api sedang sampai mendidih sambil diaduk-aduk
  3. Matikan api lalu angkat rebusan santan
  4. Masukkan tepung beras dalam wadah lalu tuang rebusan santan panas kedalam wadah yang diisi tepung beras
  5. Aduk sampai tercampur rata dan menjadi adonan yang pas
  6. Ambil setiap satu sendok makan adonan lalu simpan diatas daun pisang dan beri potongan pisang pada bagian tengahnya kemudian dibungkus( lakukan sampai selesai )
  7. Kukus adonan yang sudah dibungkus sampai benar-benar matang, angkat dinginkan
  8. Kue nagasari siap untuk disajikan









CARA MEMBUAT BUBUR NASI PUTIH POLOS


Resep Bubur Nasi Putih Polos untuk Orang Sakit Sangat Sederhana Spesial Asli Enak. Jadi orang sakit paling tidak enak mau makan serba susah sedangkan harus makan supaya minum obat dan cepat sehat, Apalagi anak kos jomblo akut pula, tidak punya pacar jauh dari orang tua mau beli keluar nanti akan bertambah parah sakitnya atau demamnya dan hidung meler ingusan pula, mau nyuruh temen takut merepotkan. Nasib mu mblo..mblo..blo jones. Ya udah stop mengeluh coba praktekkan masak bubur polos atau resep bubur beras putih. Mau lengkap silahkan asal sanggup saja masaknya dan punya persediannya di kulkas, hehe. Oh ya Buntik buat bubur ini tidak sesulit bikin bubur sumsum.

Foto Resep Bubur Nasi Putih Polos Untuk Orang Sakit Sangat Sederhana Asli Enak
Gambar Bubur Nasi Putih Polos untuk Orang Sakit

Bubur nasi ini juga resep dasar dan standar untuk membuat bubur spesial dan bubur santan gurih, seperti resep bubur ayam yang gurih dan istimewa dengan penambahan pelengkap yang komplit dan tergantung selera baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan bubur ayam. Cara masak bubur beras itu gampang sekali. Jika ingin membuat resep bubur beras merah untuk diet, bubur beras ketan tinggal mengganti bahan berasnya saja nanti akan dibahas pada artikel selanjutnya yang akan datang. Baca Juga : Bubur Asyura.

Tapi jika ingin menambahkan pelengkap seperti, bawang goreng, telur rebus, potongan telur dadar, ati ampela, daging ayam suwir, kecap manis, sambal, dll itu tidak masalah jika suka, makin lengkap makin cepat sehat. Berikut kumpulan aneka resepi bubur nasi atau bubur putih polos dengan cara mudah dan praktis bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha juragan bubur, semoga lekas sembuh.





RESEP BUBUR PUTIH POLOS


BAHAN :
  • Beras, cuci bersih.
  • Garam
  • Daun Salam (optional)
  • Air Matang, perbandingan sekitar 1 : 3 dengan beras (misalnya berasnya 1 gelas, airnya 3 sampai 4 gelas)
CARA MEMASAK BUBUR BERAS PUTIH POLOS :
  1. Tuangkan air matang dan beras secara bersamaan, setelah mendidih, tambahkan garam dan daun salam. Fungsi daun salam disini adalah supaya buburnya harum dan menggoda selera. Sedangkan bagi yang ingin buburnya tawar bisa tidak memasukkan garam.
  2. Aduk terus sampai mengental seperti bubur yang biasa dijual abang-abang bubur ayam.
  3. Sajikan bubur beras dan tambahan pelengkap sesuai selera kalau ada.
TIPS & TRICKS :

  • Hati-hati kalau kebanyakan air nanti terlalu encer, kalau kurang air (tinggal tambahin air sampai kira-kira pas) nanti tidak bisa jadi bubur.
  • Dan kalau buburnya tidak diaduk terus selama memasak, nanti jadi berkerak di bagian bawah panci.

0 komentar:

Posting Komentar

periskop

Pengertian Periskop by   M Rizky H   on   November 11, 2012   in   pengetahuan   Periskop adalah alat optik yang berfungsi untuk m...